Pages

Rabu, 20 Juni 2012

KNEWLEDGES | Pansori

Ahaa~ Akhirnya saya kembali dari hiatus yang sangaaaaaat lama buangeeett *gak efektif banget, sih? Well, now, I’ll post about pansori.. Anyone knows about pansori? Nah, sebelumnya, yuk nonton ini nih.. *apaan? #uda liat aje ribet..






Well, uda pada tau apa yang dimaksud dengan pansori? Setelah ngubek-ngubek [?] beberapa sources, akhirnya saya dapet beberapa informasi tentang pansori ini..
Nah, pansori itu apa sih? Pansori itu music tradisional asal Korea yang sudah diklasifikasi sebagai National Cultural Intangible Property oleh pemerintah Korea. Pansori sendiri berasal dari dua kata yakni pan dan sori. Pan berarti tempat orang-orang berkumpul, sedangkan sori berarti music.
Pansori juga sering disebut sebagai Korean Opera. Pansori menceritakan a themed story di setiap pertunjukkannya, mulai dari cinta-cintaan, candaan, sampai dengan sindiran.
Pemain pansori terdiri dari 2 musisi, yakni seorang penyanyi yang biasa disebut sorikkun dan seorang drummer yang disebut gosu. Sorikkun berperan dengan nyanyian, kata-kata, serta bahasa tubuh sementara gosu berperan dalam mengiringi sorikkun dengan memberikan irama dan teriakan-teriakan berupa kata-kata dorongan [?]. Pansori bisa dimainkan selama berjam-jam (bahkan 4-5 jam) dan dinamakan Pansori Madang.
Pansori muncul selama pertengahan era Joseon (1392-1910), ketika budaya umum mulai berkembang. Selama era Joseon, Pansori dianggap hanya untuk rakyat jelata. Dan, baru diperhatikan oleh aristokrat pada akhir era Joseon, serta pada saat itu pula, popularitas Pansori meningkat.
Lima diantara 12 opera asli, diturunkan kepada generasi muda, yakni Chunhyangga, Simcheongga, Heungbuga, Jeokbyeokga, dan Sugungga. Penyanyi pansori biasanya menggunakan kipas untuk memvariasi gerakan dan menandai pergantian tokoh. Pada 7 November 2003, pansori dijadikan sebagai salah satu warisan budaya lisan oleh UNESCO.
Diantaranya sorikkun-sorikkun terkenal yaitu Jo Sunmuk, No Suhyeon, Park aeri, Ahn Sook-Seon, Jo Tongdal, dan satu lagi yang sudah kita lihat diatas, yakni Park Song-hee.
Nah, bagaimana? Sudah mengerti? Untuk lebih jelasnya, kalian semua bisa klik Official Site of Korea Tourism - Pansori. Well, C U, Sparkling.

2 komentar:

Rizky mengatakan...

kaga minat jadi sorikkun juga?

::budaya comment, hidup good readers. go away silent readers!

Anonim mengatakan...

no thank you .. :)
deeva02

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan kami. Don't be a silent reader and give your comment!